Home » » Pengetian Dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengetian Dan Manfaat Jaringan Komputer

Written By Kamishiro Tetsuya on Rabu, 04 Juli 2012 | 07.40


jaringan komputer,jaringan,komputer
OK sob kali ini Science Share akan berbagi tentang Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer yang saya ambil dari materi MODUL TIK kelas IX saya.
OK sob langsung aja simak Pengertian Dan Manfaat Jaringan Komputer dibawah ini, Cekidot :
1.       Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah beberapa perangkat komputer yang dihubungkan menjadi satu melalui saluran kabel atau nirkabel (wireless). Hal tersebut memungkinkan tiap komputer menjadi sarana untuk berinteraksi, bertukar informasi dan data, serta berbagi pakai peralatan yang terintegrasi dengan komputer pada jaringan tersebut, misalnya berbagi pakai printer dan CD/DVD Rom. Sebuah jaringan komputer bisa terdiri atas dua, puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan komputer.
Ciri-ciri yang terdapat pada jaringan komputer, diantaranya sebagai berikut.
a.       Dapat berbagi pakai (menggunakan bersama-sama) perangkat keras (hardware).
b.      Dapat berbagi pakai perangkat lunak (software).
c.       Dapat dipakai sebagai saluran komunikasi.
d.      Dapat berbagi data dengan mudah.
2.       Manfaat Jaringan Komputer
Secara umum, manfaat komputer dibuat jaringan adalah sebagai berikut.
a.       Berbagi sumber daya (resourse sharing)
Dengan jaringan komputer, penggunaannya bisa saling berbagi sumber daya yang terhubung pada komputer yang terdapat pada jaringan, misalnya berupa perlengkapan komputer seperti : printer, harddisk, modem, atau media penyimpanan data.
b.      Realibilitas tinggi
Dengan jaringan komputer, kita dapat menyalin file data kebeberapa komputer sekaligus. Sehingga apabila ada data atau salah satu komputer yang rusak maka kinerja dalam jaringan komputer tersebut tidak terganggu sebab salinan data di komputer lain masih dapat di gunakan.
c.       Menghemat biaya
Dengan jaringan komputer, perusahaan/kantor dapat menghemat peralatan yang digunakan, misalnya printer. Sabuah printer dapat dipakai oleh beberapa operator sekaligus, sehingga perusahan tidak perlu membeli satu printer untuk setiap komputer yang dipakai karyawan.
d.      Sebagai sarana komunikasi
Dengan jaringan komputer, komunikasi antar pengguna bisa cepat dikirim atau diterima. Untuk memberikan pengumuman misalnya, pemimpin perusahaan cukup mengirimkan pengumuman melaui sebuah komputer untuk seluruh karyawannya, pada saat yang sama setiap komputer yang ada di hadapan karyawan menerima pesan yang dikirimkan pemimpin.

0 comments:

Posting Komentar

free counters

Popular Posts